tes

WILUJENG SUMPING SELAMAT DATANG

Jumat, 08 Januari 2016

Situ Cicerem (Talaga Biru) Salah Satu Destinasi Jalan-Jalan di Kota Kuningan

Berekreasi memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, ditengah kesibukan dan rasa lelah setelah bekerja, rekreasi memang menjadi pilihan terbaik untuk mengisi waktu saat kita libur. Berekreasi ke tempat hiburan ramai menurut saya pribadi kurang menyenangkan, karena sama dengan berekreasi ke tempat hiburan seperti itu tidak mengurangi rasa penat malah menambah rasa penat, bagi saya rekreasi yang terbaik adalah ketempat-tempat yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran di tempat-tempat yang jauh dari hirukpikuk nya mesin dan perkotaan, pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang masih asri dan alami itu jauh lebih menyenangkan (bagi saya loh yah, tiap orang memang memliki seleranya masing-masing (hihihi).


 Nah, kali saya akan sedikit membahas salah 1  tempat yang bisa di jadikan tujuan untuk berekreasi yang ada di sekitar kota Kuningan Jawa Barat tercinta.


Situ Cicerem atau lebih di kenal TELAGA BIRU.

Selain Telaga Remis, Kabupaten Kuningan ternyata masih punya beberapa situ atau telaga lain yang juga tak kalah cantik. Salah satunya adalah Situ Cicerem atau Talaga Biru yang punya pemandangan yang unik. Jika biasanya air situ atau danau airnya berwarna kecoklatan karena bercampur dengan air, namun jika kita berkunjung ke Talaga Biru yang ada di kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat kita akan mendapatkan pemandangan yang berbeda. Air yang ada di Talaga ini berwarna biru bening. Oleh karena itu masyrakat disekitarnya banyak yang menyebut situ ini sebagai Talaga Biru. Situ Cicerem merupakan situ alami yang sudah ada sejak dulu.

 Situ Cicerem atau Talaga Biru masuk dalam wilayah Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Kedalaman dari Situ Cicerem hanya sekitar 5 meter saja dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Situ Cicerem dikelilingi oleh pepohonan tinggi dan rindang yang menjadikan tempat ini sangat sejuk dan berudara segar, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri ataupun tempat untuk menyendiri.

Pokok nya Talaga Biru ini recomended deh buat di jadiin tempat tujuan buat jalan-jalan.

Untuk menuju Talaga Biru ini, silahkan ikuti akses jalan dibawah ini :
  • Dari arah Kuningan atau Cirebon menuju ke bundaran Ciracas, tepatnya sebelah utara setelah Pasar Cilimus lalu menuju Jl.Mandirancan sambil menikmati perjalanan yang didominasi hamparan sawah dan indahnya Gn.Ciremai. Tak terasa saya sudah di Jl. Kasab dan ketemu pertigaan Cirea-Pasawahan, lalu belok kiri menuju Tugu Macan Mandirancan sekitar 800 meter dari pertigaan itu.
  • Dari Tugu Macan Mandirancan, saya menuju ke arah Desa Pasawahan atau Jl. Cirea-Pasawahan sampai ketemu pertigaan dekat lapangan bola lalu belok kanan menuju obyek wisata Paniis, jika lurus dari pertigaan dekat lapangan akan menuju ke Desa Wisata Cibuntu.
  • Dari obyek wisata Paniis, tak jauh ada Situ Sipariuk disebelah kiri jalan. Lanjutkan perjalanan sampai ketemu perempatan dekat Masjid Pasawahan, lalu belok kanan ke arah Jl. Pasawahan dan belok kiri setelah kantor Polsek Pasawahan menuju Jl. Bina Lestari, disana ada informasi akses menuju Situ Cicerem. Selanjutnya sekitar 500 meter dari kantor Polsek, ada pertigaan dekat Masjid lalu belok kiri menuju Jl. Kaduela.
  • Dan Sampailah kita di tempat yang akan memanjakan mata dan pikiran kita dengan pesona keindahan nya :).
  • Tak jauh dari pertigaan dekat Masjid, kurang lebih sekitar 300 meter saya disuguhkan dengan gerbang yang menunjukan lokasi Situ Cicerem, akhirnya perjalanan saya sampai juga.
Sekian coretan nya. Hatur Nuhun Terima Kasih...

1 komentar: